• Ruang Perpustakaan
    Ruang Perpustakaan
  • Praktik Lab Komputer
    Praktik Lab Komputer
  • Praktik Lab Kimia
    Praktik Lab Kimia
  • Pembelajaran di Luar Kelas
    Pembelajaran di Luar Kelas
  • Pembelajaran di dalam Kelas
    Pembelajaran di dalam Kelas
  • Lokasi Ruang kelas
    Lokasi Ruang kelas
  • Kegiatan di Mesjid
    Kegiatan di Mesjid
  • Prasasti YPmhb
    Prasasti YPmhb
  • Masjid Sekolah
    Masjid Sekolah
  • Halaman Sekolah
    Halaman Sekolah
  • Pembelajaran di Lab Fisika
    Pembelajaran di Lab Fisika
  • Team Tari SMAN 2 Plus Sipirok
    Team Tari SMAN 2 Plus Sipirok
  • SMAN 2 Plus Sipirok
    SMAN 2 Plus Sipirok
  • Pelantikan siswa Baru
    Pelantikan siswa Baru
  • OSIS
    OSIS

Home Identitas Sekolah Sejarah Sekolah
Article Index
Sejarah Sekolah
Mars Martabe
All Pages

 

Marsipature Hutana Be

 

Amang dohot inang
Begema hatani nabisuk namarroha
Nama ngalehon tugas
Tugas na uli jala tung toho tu roha

Di ingot ni roha na

Nunga tikkina urupatta pamaretta
Mambangun negarat ta
Paima na marhite napature hutatta

Tikkos tutu jala uli hatana i

Jala tedak songon indahan di balanga
Jeppek tutu alai porhis pandohan ni
Sude do hita mangattusi lapatanna

 Marsipature hutana be…

Marsipature hutana be…
Ai molo dung ture hutatta be ale amang
Da lam martutre do sude dalatta be…

Marsipature hutana be…

Marsipature hutana be…
Ai molo dung ture hutatta be ale amang
Da lam martutre do sude dalatta be…

 Keta bo Martabe...............Horas,Horas,Horas

 

 1.SEJARAH BERDIRINYA SMA NEGERI 2 Plus SIPIROK.

Pada sejarahnya, Sumatera Utara Khusus Tapanuli Selatan banyak melahirkan pemimpin-pemimpin bangsa dan tokoh-tokoh Nasional, namun pada kenyataan yang ada pada tahun 1994 berdasarkan masukan Bapak Alm.Prof.dr.Andi Hakim Nasution yang pada saat itu adalah Rektor IPB, hanya 4 (empat) orang siswa yang diterima di IPB pada tahun tersebut yang berasal dari Tapanuli Selatan dan data yang ada pada Tahun1994 menunjukkan mutu Pendidikan Tapanuli Selatan berada pada urutan ke 2 (dua) terendah setelah Nias. Ditambah lagi dalam dua dekade terakhir lulusan SMA Tapanuli Selatan sangat jarang yang lulus ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPTN), bahkan semakin tidak ada pada tahun-tahun terakhir. Keadaan tersebut tentu tidak dapat dibiarkan apalagi dikaitkan dengan sasaran Pembangunan Nasional Jangka Panjang Kedua, yaitu Terciptanya kualitas manusia dan kualitas masyarakat Indonesia yang maju dan mandiri.

Kelemahan anak didik terletak pada kurangnya pemahaman dan penguasaan ilmu-ilmu yang pernah dipelajarinya, sehingga bekalnya sangat kurang untuk melanjutkan studi atau terjun ke masyarakat.Kelemahan bersumber pada faktor-faktor internal dan eksternal pendidikan. Faktor Internal meliputi tenaga pendidikan dan kurangnya sarana prasarana Pendidikan. Faktor Eksternal meliputi semangat belajar yang semakin melemah dilingkungan masyarakat luas.

Seiring dengan hal ini maka Bapak Alm. Letjen.H.Raja Inal Siregarmemprakarsai pertemuan dengan beberapa tokoh yang memiliki kepedulian terhadap Pendidikan di Kabupaten Tapanuli Selatan untuk bermusyawarah mencari solusi permasalahan dimaksud. Hasilnya diambil salah satu

Pembangunan fisik sarana prasarana sekolah dimulai pada tahun 1994 di areal ± 10 Ha dan dengan pertimbangan untuk peningkatan mutu pendidikan serta iman dan taqwa siswa maka lokal sekolah menyatu dengan asrama siswa dengan kapasitas 360 siswa, rumah guru 36 pintu serta sarana Ibadah dan Olah Raga.

Pada tahun 1995 sudah dimulai proses penerimaan siswa yang mana pelantikan Angkatan Pertama siswa baru pada bulan Juli 1995 dilantik oleh Gubernur Sumatera Utara Bapak Alm.H.Raja Inal Siregar.

Kepala sekolah pertama SMA NEGERI 2 Plus Sipirok adalah Bapak Alm.H.M.Syarif Nasution yang bertugas hingga tahun 1997, sebelumnya beliau adalah Kepala Sekolah SMA N1 Medan. 

Untuk peningkatan proses belajar mengajar dilakukan pembenahan secara terus menerus terhadap kelengkapan sarana prasarana yang mendukung terhadap proses tersebut. Saat ini seluruh kelas telah dilengkapi Infocus dan Laptop sebagai kelengkapan mengajar para guru dan pengembangan sarana Laboratorium Biologi,Kimia,Fisika,IT dan Multimedia serta Laboratorium Bahasa. Disamping itu sekolah telah memiliki Web Site dan komplek kampus dilengkapi dengan Wifi untuk mendukung program E-learning. Berdasarkan penilaian dengan pengujian oleh BAN tingkat Provinsi maka SMA NEGERI 2 Plus Sipirok ini memperoleh akreditasi “A” pada tahun 2006 dan tahun 2010.Seiring dengan perkembangan kini SMA NEGERI 2 Plus Sipirok dalam proses Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) sejak tahun 2006.

2.TUJUAN.

SMA NEGERI 2 Plus Sipirok didirikan dengan tujuan mengembangkan kualitas anak didik lulusan sekolah menengah Kabupaten Tapanuli Selatan baik tingkat SLTA maupun SLTP sehingga mereka mudah mendapat kesempatan melanjutkan daya saing studi disekolah-sekolah maupun perguruan tinggi negeri diseluruh tanah air.

3.PENUTUP

Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di SMA Negeri 2 Plus Sipirok Pengurus Yayasan Pendidikan Marsipature Hutana Be telah menanda tangani MOU dengan Universitas Sumatera Utara (USU) dalam bidang sumber daya manusia khususnya staff pengajar di SMA NEGERI 2 Plus Sipirok. Disamping itu para siswa akan dilatih untuk lebih sering tampil dalam olympiade sains sehingga memperluas wawasan para siswa.



Tambahkan Komentar



Security code
Refresh

Search

User Menu

Chat with Me

My YM Status

Chat ini aktif di browser Google Chrome atau Anda instal terlebih dahulu Adobe Flash Player.

Video Feature

Gallery Foto Terbaru

  • Pelantikan Ank 24
  • Pelantikan Ank 24
  • Pelantikan Ank 24
  • Pelantikan Ank 24
  • Pelantikan Ank 24
  • Pelantikan Ank 24